Minggu, 19 Mei 2013

93 Tahun Eksis, Batik Keris Rilis Koleksi Puspa Nusa

Sembilan dekade bukanlah waktu yang sedikit bagi sebuah brand untuk mempertahankan eksistensinya. Sejak didirikan pada 1920, Batik Keris telah sukses memantapkan posisinya sebagai pabrik batik tradisional dan garmen ternama.

Kini menginjak usia ke-93 tahun, Batik Keris menggelar perayaan bertema Puspa Nusa yang diadakan di Center Court Puri Indah Mall, Jakarta Barat. Diramaikan dengan pagelaran tari, brand yang sudah memiliki lebih dari 100 toko ini menghadirkan koleksi busana batik terbaru mulai dari dewasa hingga untuk anak-anak.

"Puspa Nusa mengandung arti bunga nusa. Ingin angkat seni batik, seni tari, sebagai bunganya nusa dan bangsa," ujar President Director Batik Keris Handianto Tjokrosaputro.

Simple dan modern menjadi benang merah seluruh koleksi yang ditampilkan. Garis desain minimalis, tidak banyak memainkan detail atau potongan ekstrem demi menjaga nilai filosofis yang ada dalam motif-motif batik yang digunakan.

Peragaan busana yang diadakan pada Sabtu malam (11/05/2013) itu membawakan lima lini busana, profesional; collection; family; teenager dan kids. Lini profesional merupakan koleksi untuk pria dan wanita dewasa dengan gaya busana formal untuk ke kantor atau pesta resmi. Misalnya mini dress berpotongan lurus, setelan blouse dan rok, dress aksen tumpuk dengan warna-warna hijau, cokelat, merah tanah bergradasi.

Collection adalah koleksi busana berbahan sutera kualitas premium yang diproduksi secara terbatas. Setiap busana diproduksi secara handmade dan diperlukan waktu pembuatan hingga 1-2 bulan. Batik sutera terllihat lebih mewah dengan tambahan aplikasi payet. Mulai dari blouse mullet motif truntum, dress asimetris hingga rok pas badan. Selain sutera dan batik, hadir pula busana dari kain tenun.

Lini teenager bergaya lebih casual dan permainan warna kontras yang cocok untuk anak muda. Blouse memiliki potongan simple dan modern yang serasi dipadukan dengan jeans maupun hot pants. Terdapat juga summer dress dan bolero dengan perpaduan warna hitam-pink, turquoise, oranye dan kuning.

Sementara koleksi family didesain khusus untuk ayah, ibu dan anak dengan motif dan warna senada namun tetap dicocokkan sesuai usia pemakainya. Warna-warna tanah dan motif floral mendominasi koleksi ini.

Untuk si kecil, Batik Keris kembali memunculkan seri batik yang dikombinasikan dengan karakter Disney. Koleksi yang mendapat penghargaan The Asian Licensing Award sebagai Best License se-Asia ini merupakan kolaborasi Batik Keris dengan Disney International. Hadir dengan warna-warna ceria, motif paisley, mega mendung, floral, serta potongan yang nyaman digunakan.

"Kami sangat aktif dalam evolusi motif batik, selalu berubah. Supaya tetap populer harus dapat masukan juga dari berbagai daerah termasuk luar negeri. Batik Keris sendiri punya filosofi melestarikan budaya Nusantara secara keseluruhan. Jadi tidak hanya busana batik saja yang diangkat tapi juga kerajinan dalam negeri lainnya," terang Handianto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar